7 Salad Sehat yang Bisa Kamu Olah Sendiri, dan Bikin Badan Langsing Jadi Gak Mustahil Lagi

shares |

iklan atas artikel
iklan atas artikel
Punya badan langsing tentu jadi idaman semua orang, terutama para cewek. Asalkan punya badan langsing, semua model pakaian jadi terasa pas dikenakan. Selain itu, kamu pun gak bakal kerepotan soal ukuran ketika belanja baju. Pantas saja, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara mulai dari olahraga hingga minum obat pelangsing.

Tapi, sebaiknya kamu berhati-hati, ya! Pasalnya, penggunaan obat-obatan pelangsing bisa jadi punya efek samping yang berbahaya. Olahraga tentu saja lebih dianjurkan, asalkan diimbangi dengan pola makan dan asupan gizi yang seimbang. Salah satu caranya adalah dengan menyantap kudapan-kudapan sehat yang bisa kamu racik sendiri ini!


1. Mengawali hari dengan ceria, racik resep Asian Salad untuk menu sarapanmu setiap harinya.


Demi tubuh yang langsing terjaga, pola makan teratur adalah salah satu yang jadi kuncinya. Ingat! Sarapan di pagi hari itu sangat penting. Selain jadi sumber tenaga, sepiring salad yang kamu santap di pagi hari juga bakal mengurangi porsi makanmu di siang harinya lho!

Bahan:


  • daun selada
  • 1 buah jeruk mandarin
  • dada ayam yang direbus
  • 1 buah wortel
  • 1 buah alpukat
  • 2 butir telur rebus
  • 1 lembar daun bawang

Saus:


  • 2 sdm cuka beras
  • 1 siung bawang putih digeprek
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm gula
  • 1 sdm jahe parut
  • 1 sdm kecap manis

Cara membuatnya:


  1. Campur semua bumbu dalam wadah tersendiri.
  2. Tata sayuran, ayam, jeruk, dan bahan lainnya dalam wadah seperti pada gambar.
  3. Sajikan bersama saus.



2. Daripada pesen Nasi Padang, bekal semangkuk Macaroni Salad aja buat makan siang.


Dari pada Nasi Padang atau pesan makan di restoran ayam-ayaman, tentu menu yang satu ini lebih dianjurkan. Yup! Macaroni Salad ini termasuk kudapan sehat yang sekaligus mengenyangkan. Kamu bisa kok meraciknya sendiri di rumah sebelum berangkat beraktivitas.

Bahan:


  • 12 ons makaroni
  • 1/4 daging sapi/ayam (sesuai selera)
  • 2 buah alpukat
  • 2 sdt daun thyme untuk taburan

Saus:


  • 4 sdm mayones
  • 2 sdm jus lemon
  • 1 1/2 sdm parutan kulit lemon
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt daun thyme
  • 2 sdm minyak zaitun
  • garam dan merica secukupnya

Cara membuatnya:


  1. Masukkan semua bahan saus dalam blender hingga tercampur merata.
  2. Rebus makaroni dalam air garam hingga mendidih, lalu tiriskan.
  3. Goreng daging sapi/ayam selama 6-8 menit hingga renyah.
  4. Campur makaroni, daging, alpukat, dan saus dalam wadah.
  5. Taburi dengan daun thyme.


3. Mulai lapar saat sore hari? Salad dengan dressing cilantro + lemon ini pas banget buat menu ngemil-ngemil cantik!


Rasa lapar memang bisa datang kapan saja, termasuk saat sore hari setelah selesai beraktivitas. Nah supaya kamu gak ngemil sembarangan atau makan camilan-camilan yang gak sehat dan berpotensi bikin gemuk, racik kudapan ini aja!

Bahan:


  • daun selada
  • tomat cherry
  • jagung kalengan
  • kedelai hitam rebus
  • 2 sdm daun cilantro cincang
  • 1 buah alpukat
  • tortila secukupnya

Saus:


  • 4 sdm yogurt tanpa rasa
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sdm jus lemon
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm cuka apel
  • 4 sdm daun cilantro cincang

Cara membuatnya:


  1. Campurkan semua bahan saus dalam belnder hingga merata.
  2. Tata semua bahan salad dalam wadah, lalu tuang saus dan tambahkan tortila di atasnya.


4. Pengen makan malam tapi takut badan makin melar? Sajikan salad kol merah dengan mie ini sebagai andalan!


Menjelang tidur sebaiknya kamu gak mengkonsumsi makanan-makanan yang tinggi karbohidrat. Pasalnya, hal itu akan berpotensi menyebabkan kegemukan. Lebih baik kalau kamu menyantap sayuran sehat dalam semangkuk salad.

Bahan:


  • 2 buah dada ayam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1/4 sdt merica putih
  • daun selada
  • kol merah
  • 1 buah wortel diserut
  • kacang edamame
  • 1 siung bawang bombay
  • mie kering sesuai selera
  • kacang almond untuk taburan

Saus:


  • 4 sdm cuka beras
  • 1 siung bawang putih geprek
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdt kecap manis

Cara membuatnya:


  1. Campur cuka beras, bawang, minyak wijen, gula, jahe, dan kecap dalam wadah. Sisihkan.
  2. Bumbui ayam dengan kecap, minyak wijan, dan merica, lalu diamkan selama 30 menit.
  3. Panggang ayam dalam oven selama 13-15 menit, kemudian potong-potong.
  4. Tata selada, kubis merah, wortel, edamame, bawang bombay dan ayam dalam wadah.
  5. Siram dengan saus lalu tambahkan mie dan kacang almond.



5. Dari segala macam jenis kudapan, salad buah emang manis dan segarnya paling juara.


Daripada ngemil mie instan atau gorengan yang gak sehat dan bikin tubuh melar, kamu lebih baik menyantap menu salad aja. Nah, dari segala macam jenis salad, pastilah salad buah ini yang segarnya paling juara. Pilih aja buah-buahan kesukaanmu dan racik sendiri di dapurmu.Potong-potong buah-buahan seperti pisang, apel, stroberi, dan pir. Lalu campurkan setengah gelas jus jeruk dan tambahkan juga beberapa sendok mayones sesuai selera.

6. Resepnya sederhana dan gampang banget dibuat. Yuk, bikin salad ala-ala restoran fast food Jepang ini aja.


Suka banget sama salad yang disajikan sebagai pendamping makanan di restoran Jepang? Ya udah sih bikin sendiri aja dan gak usah jajan. Selain sehat karena terdiri dari wortel dan kol, cara membuatnya pun gampang banget.

Bahan:


  • 1 buah wortel diserut
  • 1/4 kol iris halus

Saus:


  • 1 sdm cuka
  • 4 sdm air dingin
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam

Cara membuatnya:


  1. Campur serutan wortel dan irian kol dalam wadah.
  2. Campur semua bahan saus lalu tuang di atas sayuran.
  3. Aduk-aduk hingga merata, kemudian masukkan dalam freezer selama 5 menit.
  4. Taruh dalam piring, tambahkan mayones dan saus tomat sesuai selera.



7. Penasaran sama salad asli Indonesia? Sayuran rebus + sambal kacang bisa juga jadi menu pilihan.


Menu yang satu ini boleh dibilang salad-nya orang Indonesia. Yup! Pecel terdiri dari sayur-sayuran seperti bayam, kacang panjang, dan kecambah yang direbus lalu dicampur dengan bumbu kacang. Kalau cuma rebus-rebus sayur doang bisa ‘kan? Buat sambal kacang-nya, kamu pun gak harus repot bikin karena sekarang sudah banyak dijual sambal kacang instan. Sehat dan gampang banget dibikinnya lho!


Nah, gimana? Ternyata punya tubuh langsing dan sehat itu caranya sederhana, ya! :)
iklan atas artikel

Related Posts